SILABUS
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Tuban
Mata Pelajaran : KEWIRAUSAHAAN
Kelas/Semester : X / 1, 2
Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan
sikap dan perilaku wirausaha
Kode
Kompetensi : A
Alokasi Waktu : 52 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
Pend.Bud. Karakter Bangsa.
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
|||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||||
1.1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
|
·
Religius
·
Disiplin .
·
Jujur.
·
Kreatif.
·
Prestatif.
·
Tanggung jawab
·
Mandiri.
·
Rasa ingin tahu.
|
·
Disiplin, komitmen
tinggi, jujur, kreatif dan inovasi, mandiri dan selalu bekerja dengan
berprestasi (1)
·
Kebeberhasilan dan
kegagalan wirausahawan diidentifikasi
berdasarkan sikap dan perilakunya
dalam keseharian (2)
|
·
Pengertian kewirausahaan
·
Karakteristik
wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan
inovatif, mandiri dan realitis
·
Cara mengidentifikasi 10
kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan
karakteristik wirausahawan (2)
|
·
Menjelaskan pengertian
kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan
·
Mengetahui dan
mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin,
komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis dalam
kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan siswa
·
Mengetahui cara
mengidentifiikasi dan menerapkan 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang
berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam
keseharian siswa di sekolah dan lingkungan
·
Menyimpulkan
karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal
·
Menghargai karya dan pengalaman orang lain sebagai masukan bagi
pengembangan diri
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil Penugasan dalam
bentuk portofolio
|
4
dian
|
1 (2)
|
1 (4)
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
· Buku referensi yang relevan
· Dian:praktikan
·
|
|
1.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)
|
·
Religius.
·
Prestatif.
·
Tanggung jawab
·
Kerja keras.
·
Disiplin.
|
·
Kerja prestatif (selalu
ingin maju) meliputi :
- Kerja
ikhlas
- Kerja
mawas >< emosional
- Kerja
cerdas
-
Kerja keras
-
Kerja tuntas (3)
|
· Pengertian,
tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif (3)
·
Perilaku kerja prestatif
(selalu ingin maju) meliputi:
-
kerja ikhlas (4)
-
kerja mawas >< emosional
-
kerja cerdas
-
kerja keras
-
kerja tuntas
·
Prinsip cara kerja
prestatif (5)
|
· Mengetahui
pengertian, tujuaan dan manfaat perilaku kerja prestatif
·
Menjelaskan cara kerja
prestatif (selalu ingin maju)
·
Menerapkan perilaku
kerja prestatif (selalu ingin maju) dalam kehidupan keseharian di lingkungan
keluarga, sekolah & masyarakat :
- Kerja
ikhlas
- Kerja
mawas >< emosiosonal
- Kerja
cerdas
- Kerja
keras
- Kerja
tuntas
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil Penugasan dalam
bentuk portofolio
|
5
|
2 (4)
|
1 (4)
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
· Buku referensi yang relevan
|
|
1.3
Merumuskan solusi
masalah
|
·
Religius.
·
Kreatif.
·
Mandiri.
·
Bersahabat.
·
Tanggung jawab
·
Demokratis.
|
·
Masalah diidentifikasi,
dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri (4)
· Kecakapan
mengolah informnasi, (5)
· Berpikir
kreatif
· Kecakapan
memecahkan masalah,
· Kecakapan
bekerjasama dengan teman sekerja
· Alternatif
perumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis
|
· Pengertian
masalah
·
Teknik pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
(6)
· Membedakan
masalah dan bukan masalah (7)
· Identifikasi
masalah dan mencari penyebabnya (8)
· Mencari
dan menentukan alternatif pemecahan masalah (
· Pertimbangan
dalam merumuskan solusi masalah (9)
· Dampak
dari pengambilan keputusan (10)
|
· Mengetahui
pengertian dan perbedaan masalah dan bukan masalah
· Mengetahui
teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta menerapkan dalam
kehidupan aktivitas keseharian di
lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
· Mengidentifikasi
masalah dan mencari penyebab terjadinya masalah
· Menentukan
alternatif pemecahan permasalahan
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil penugasan dalam
bentuk portofolio
|
5
|
2 (4)
|
1 (4)
|
·
Modul bahan ajar
· Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
· Buku referensi yang relevan
|
|
1.4
Mengembangkan semangat wirausaha
|
·
Prestatif.
·
Disiplin.
·
Kerja keras.
·
Kreatif.
·
Tanggung jawab.
|
·
Menciptakan daya saing
sesuai dengan instrumen penilaian
·
Menciptakan sikap selalu
ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian
·
Meningkatkan sikap
disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian
·
Menumbuhkan kreativitas
dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian
|
·
Inovatif
·
Kreatifitas
·
Motivasi (11)
·
Sikap bekerja efektif
dan efisien (12)
|
·
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha
·
Mengetahui pengertian-pengertian
inovasi, kreatifitas dan motivasi
·
Mengetahui
prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien
·
Menerapkan faktor
pengaruh semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil penugasan dalam
bentuk portofolio
|
6
|
2 (4)
|
·
Modul bahan ajar
· Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
· Buku referensi yang relevan
|
||
1.5
Membangun komitmen
bagi dirinya dan bagi orang lain
|
· Religius.
· Disiplin
· Kerja keras.
· Tanggung
jawab.
· Prestatif.
|
· Pantang
menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga
· Memiliki
semangat dan tahan uji dari setiap tantangan
· Memiliki
kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha
·
Selalu bekerja, berjuang
dan berkorban
|
·
Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi (13)
·
Menerapkan perilaku tepat waktu
·
Menerapkan perilaku tepat janji (14)
·
Menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja (15)
·
Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri (16)
|
·
Mengetahui faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen
tinggi dalam keseharian aktivitas
·
Menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas
keseharian baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan
·
Menerapkan komitmen tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan
·
Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti
disiplin, ulet dan ketabahan
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil penugasan dalam
bentuk portofolio
|
5
|
2 (4)
|
1 (4)
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
· Buku referensi yang relevan
|
|
1.6
Mengambil resiko usaha
|
·
Religius.
·
Rasa ingin tahu.
·
Tanggung jawab.
·
Kreatif.
|
·
Identifikasi jenis-jenis resiko
·
Memperkecil resiko yang merugikan
|
·
Prinsip dasar resiko meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat,
tujuan dsb (17)
·
Manajemen resiko (18)
|
·
Memahami pengambilan resiko usaha
·
Macam-macam resiko
·
Unsur resiko
·
Mengelola resiko meliputi penanganan sendiri, cara menghindari,
memperkecil resiko negatif dan
pengalihan resiko kepada pihak lain
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk
portofolio
·
Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
|
4
|
2 (4)
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
· Buku referensi yang relevan
|
||
1.7
Membuat keputusan
|
·
Religius.
·
Rasa ingin tahu.
·
Mandiri.
·
Kerja keras.
·
Tanggung jawab.
|
·
Alternatif pemecahan masalah
·
Solusi memecahkan masalah
·
Resiko keberhasilan dan kegagalan dalam pengambilan keputusan
|
·
Solusi pemecahan masalah (19)
·
Komunikasi (20)
·
Analisis SWOT(21)
|
·
Mengetahui pengertian pengambilan keputusan
·
Merumuskan atau mendefinisikan masalah/persoalan dari suatu kejadian (event)
dengan membuat alternatif- alternatif pemecahan masalah
·
Memecahkan masalah keseharian berdasarkan penugasan guru melalui
diskusi (brainstorming, force field analysis).
·
Mengambil keputusan berdasarkan kondisi yang ditetapkan guru, melalui
diskusi dengan analisis SWOT).
·
Memperhitungkan resiko dalam membuat keputusan
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk
portofolio
·
Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
|
6
|
2 (4)
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
· Buku referensi yang relevan
|
||
SILABUS
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Tuban
Mata Pelajaran : KEWIRAUSAHAAN
Kelas/Semester : X / 2
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan
Kode Kompetensi : B
Alokasi Waktu : 24 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
2. 1 Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet
|
·
Religius.
·
Kerja keras.
·
Prestatif.
·
Kreatif.
·
Tanggung jawab.
|
·
Kegiatan usaha dilakukan
dengan semangat, tidak putus asa, selalu ingin maju, dan selalu mencari
sesuatu yang baru sesuai dengan instrumen yg telah ditetapkan
|
·
Mengetahui hakikat sikap
pantang menyerah dan ulet
·
Melakukan sikap pantang
menyerah dan ulet dalam kegiatan usaha
|
·
Menjelaskan hakikat
sikap pantang menyerah dan ulet
·
Mempunyai sikap pantang
menyerah dan ulet dengan keikutserta-an (magang) pada kegiatan usaha di unit
usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil Penugasan dalam
bentuk portofolio
|
6
|
2 (4)
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausahaan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang
relevan
|
|
2. 2 Mengelola konflik
|
·
Religius.
·
Rasa ingin tahu.
·
Kerja keras.
·
Tanggung jawab.
|
·
Melakukan identifikasi
terhadap konflik
·
Memanfaatkan Konflik
|
·
Mengetahui penyebab,
tipe, manfaat, dampak, jenis, pengelompokan, tahap terjadinya, penanggulangan
dan cara mengelola konflik
·
Mengetahui dampak
negatif dan positif dari konflik
·
Memanfaatkan konflik
positif
·
Mengatasi konflik
negatif
|
·
Menjelaskan penyebab,
tipe-tipe, dampak, jenis-jenis, kelompok, tahapan terjadinya, penanggulangan
dan pengelolaan konflik
·
Mengatasi konflik yang
timbul dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi
sekolah dalam program CBT
·
Mengambil manfaat dari konfik yang terjadi
dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah
dalam CBT
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil Penugasan dalam
bentuk portofolio
|
6
|
2 (4)
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausahaan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang
relevan
|
|
2. 3 Membangun visi dan misi usaha
|
·
Religius.
·
Kreatif.
·
Mandiri.
·
Demokratis.
·
Tanggung jawab.
|
·
Menyusun visi dan misi
perusahaan
·
Menyusun rencana
kegiatan sesuai dengan visi dan misi perusahaan
|
·
Mengetahui visi dan misi
perusahaan
·
Mengetahui kegiatan yang
dapat digunakan untuk mencapai visi dan misi perusahaan
|
·
Menjelaskan visi dan
misi perusahaan
·
Dapat menjalankan visi
dan misi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit
produksi sekolah dalam program CBT
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil Penugasan dalam
bentuk portofolio
|
6
|
2 (4)
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausahaan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang
relevan
|
SILABUS
Nama /Sekolah : SMK Negeri 2 Tuban
Mata Diklat : KEWIRAUSAHAAN
Kelas/Semester : XI / 3, 4
Standar Kompetensi : 3. Merencanakan Usaha Kecil/Mikro
Kode Kompetensi : C
Alokasi Waktu : 76 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
Pend. Bud. Karakter
Bangsa
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
3.1
Menganalisis peluang usaha
|
-
Peduli sosial.
-
Demokratif
-
Kerja Religius.
-
keras.
-
Kreatif.
-
Tanggung jawab.
|
Analisis peluang usaha yang didasarkan kepada:
- Jenis produk dan jasa
- Minat dan daya beli konsumen
|
§ Peluang
dan resiko usaha
§ Factor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
§ Mengembangkan
ide dan peluang usaha
§ Menganalisis
kemungkinan keberhasilan dan kegagalan
§ Memetakan
peluang usaha
§ Pemanfaatan
peluang secara kreatif dan inovatif
|
1.
Mencari dan menemukan peluang usaha yang
dekat dengan lingkungan siswa seperti kantin, rumah, program keahlian dsb
2.
Pengembangan ide kreatif dan inovatif yang
dimiliki oleh siswa dalam bentuk nyata sesuai dengan program keahlian dalam
bentuk program CBP
3. Mengetahui 10 macam penyebab keberhasilan
dan kegagalan usaha
|
§ Tes
tertulis
§ Observasi/
pengamatan dengan menggunakan instrumen
§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
|
6
|
2 (4)
|
2 (8)
|
§ Profil
usaha yang berhasil
§ Biografi
orang yang berhasil
§ Modul bahan ajar
§ Modul CMUS
§ Objek
nyata/real (tempat wirausaha sekolah, lingkungan, museum,pameran dll)
|
3.2
Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha
|
-Religius.
-
Rasa ingin tahu.
-Kerja
keras.
-Prestatif.
-mandiri.
-
Demokratis.
-
Tanggung jawab.
|
3.2.1
MMenganalisis
aspek-aspek perencanaan usaha dilihat dari :
- organisasi
usaha sederhana yang meliputi tujuan,
sasaran, badan usaha, dan bentuk organisasi
- Produksi yang meliputi alur persediaan, proses produksi dan
penyimpan-an hasil produksi
|
§ Tujuan dan
sasaran usaha
§ Bentuk-bentuk
badan usaha
§ Struktur
organisasi sederhana
§ Produk dan
jasa
§ Pengelolaan
persediaan
§ Proses
produksi
§ Penyimpanan
produk
§ Merumuskan
tujuan dan sasaran usaha
§ Menetapkan
bentuk badan usaha
§ Menyusun
struktur organisasi sederhana
§ Menentukan
jenis dan kualitas produk/jasa
§ Menghitung kebutuhan dan persediaan bahan baku
§ Merancang
aliran proses produksi
|
1. Membuat
dan menyusun organisasi usaha sederhana yang didalamnya memuat : tujuan, sasaran, badan usaha, dan bentuk
organisasi yang sesuai dengan kondisi sebenarnya dilapangan
2. Membuat aliran proses produksi seperti tingkat kebutuhan persediaan
barang, proses produksi dan cara penyimpanan hasil produksi pada kegiatan
usaha di sekolah dan DUDI
3. Menghitung kebutuhan modal kerja dalam
proses produksi
4. Melaksanakan proses produksi usaha pada program keahlian dalam bentuk
program CBP
|
§ Tes
tertulis
§ Laporan
hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
§ Laporan kegiatan CBP dengan mengguna-kan instrumen dalam bentuk portofolio
|
6
|
6 (12)
|
2 (8)
|
§ Profil
organisasi usaha
§ Modul
bahan ajar
§ Objek
nyata/real (tempat usaha/perusahaan,, pameran dll)
§ Bagan/struktur
organisasi
§ Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)
|
3.2.2
|
3.2.3
AAnalisis perencanaan usaha dengan aspek
administrasi usaha :
- Perizinan
usaha
- Surat-menyurat
- Pencatatan
transaksi barang/jasa
- Pencatatan
transaksi ke-uangan
- Pajak
pribadi dan pajak usaha
- Membuat
pembukuan sederhana
|
§ Perizinan
usaha
§ Surat Menyurat
§ Pencatatan
transaksi barang/jasa
§ Pencatatan
transaksi keuangan
§ Pajak
pribadi dan pajak usaha
|
1. Mengetahui pembuatan perijinan
usaha sesuai dengan bentuk badan usaha
2. Pembuatan sistem administrasi usaha sederhana pada kegiatan usaha program
keahlian dalam bentuk program CBP)
3. Pelaksananan administrasi usaha pada program keahlian dalam bentuk
program CBP meliputi surat-menyurat, tata cara pencatatan transaksi dan
pembukuan keuangan dan penghitungan pajak
|
§ Tes
tertulis
§ Laporan
hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
|
6
|
6 (12)
|
2 (8)
|
§ Profil
organisasi usaha
§ Modul
bahan ajar
§ Objek
nyata/real (tempat usaha/perusahaan,
§ Contoh
format-format pendirian dan perijinan usaha
§ Contoh
macam-macam surat
§ Panduan
penghitungan pajak
|
|
3.2.4
|
3.2.5
PPerencanaan usaha yang dianalisis aspek pemasaran :
- Teknik
menjual
- Penetapan
harga
- Pelayanan
prima
|
§ Seni
menjual dan teknik promosi
§ Harga jual
§ Kepuasan
pelanggan
§ Promosi
§ Negosiasi
§ Saluran
dan jaringan distribusi
|
1.
Merencanakan dan membuat bentuk promosi bagi
produk usaha sekolah
2.
Menentukan saluran distribusi produk yang
tepat
3.
Mengetahui dan ikut serta dalam penetapan harga jual produk unit usaha/unit
produksi sekolah
4.
Melakukan pemasaran produk yang dihasilkan
oleh unit usaha/unit produksi sesuai
dengan program keahlian dalam bentuk program CBP
|
§ Tes
tertulis
§ Observasi/
pengamatan dengan menggunakan instrumen
§ Laporan
hasil penugasan dalam bentuk portofolio
§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
|
6
|
4 (8)
|
4 (16)
|
§ Modul
bahan ajar
§ Objek
nyata/real
§ Buku
Panduan Pemasaran
§ Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)
|
|
3.2.6
|
3.2.7
PPerencanaan usaha yang dianalisis aspek pemodalan dan
pembiayaan usaha:
- Pemodalan
- Pembiayaan
usaha
- Analisa
biaya dan pendapatan
|
§ Teknik dan
prosedur permodalan usaha
§ Rencana
anggaran biaya (RAB)
§ Proyeksi
arus kas
§ Titik
pulang pokok (BEP)
§ Laba/rugi
§ Net
present value (NPV) dan internal rate of return (IRR)
|
§ Mengumpulkan
informasi proses pengajuan kredit pada LK, LKBB dan kredit pada Unit
usaha/unit produksi sekolah
§ Ikut serta
menyusun RAB, menghitung arus kas, BEP, dan kelayakan usaha pada kegiatan
usaha di sekolah (produk unit usaha/unit produksisekolah) sesuai program
keahlian dalam bentuk program CBP
|
§ Tes
tertulis
§ Laporan
hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
|
6
|
6 (12)
|
2 (8)
|
§ Modul
bahan ajar
§ Objek
nyata/real
§ Buku
panduan Pemasaran
§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)
|
|
3.3
Menyusun proposal usaha
|
- Religius.
-
Kreatif,,
-
Jujur.
-
komunikatif.
-
Tanggung jawab.
|
Proposal usaha
disusun ber-dasarkan aspek pengelolaan usaha :
§ aspek
organisasi dan produksi
§ Administrasi
usaha
§ Pemasaran
§ Permodalan
dan pembiayaan usaha
|
§ Prospek
usaha
§ Sistematika
penyusunan proposal usaha
§ Membuat proposal
usaha
|
§ Pembuatan
Proposal usaha pengajuan kredit usaha baru sesuai dengan aspek-aspek
pengelolaan usaha
§ Penyusunan
proposal yang mampu dipahami oleh orang lain
§ Penyusunan
proposal usaha sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP
|
§ Tes tertulis
§ Laporan
hasil penugasan dalam bentuk portofolio
§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
|
6
|
4 (8)
|
§ Modul
bahan ajar
§ Produk
yang akan dihasilkan
§ Buku
panduan penyusunan proposal
§ Buku-buku
analisis aspek pendirian usaha
§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Tuban
Mata Diklat : Kewirausahaan
Kelas/Semester : XII / 5, 6
Standar Kompetensi : Mengelola Usaha Kecil/mikro
Kode Kompetensi : D
Alokasi Waktu : 40 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
||||
TM
|
PS
|
PI
|
SUMBER
BELAJAR
|
||||||
4.1.
Mempersiap-kan pendirian usaha
|
§ Religius.
§ Mandiri.
§ Kreatif.
§ Komunikatif.
§ Kerja keras.
§ Tanggung jawab.
|
§ Pendirian usaha dipersiapkan sesuai dengan proposal meliputi :
- izin usaha
- pemodalan
- tempat
usaha/lokasi
- fasilitas
dan bahan baku
- SDM
- administrasi
|
Menerapkan isi
proposal usaha dalam pendirian usaha
sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan
|
§ Mengetahui
prosedur pengurusan izin usaha baru
pada pihak yang berwenang
§ Membuat
sistem pengelolaan keuangan pada usaha
yang telah dibentuk
§ Menentukan
dan mengurus tempat usaha
§ Mengetahui
dan mampu mengadakan fasilitas dan bahan baku produksi
§ Merekrut
dan menempatkan SDM yang diperlukan sesuai dengan kegiatan usaha yang didirikan
§ Mempersiapkan
administrasi usaha yang diperlukan dalam kegiatan usaha
|
§ Tes
tertulis
§ Laporan
hasil penugasan dalam bentuk portofolio
§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk
portofolio
§ Simulasi
pendirian dan pelaksanaan kegiatan usaha
|
2 (4)
|
2 (8)
|
§ Profil
organisasi usaha
§ Modul
bahan ajar
§ Objek
nyata/real (tempat usaha/perusahaan,
§ Contoh
format-format pendirian dan perijinan usaha
§ Proposal
usaha
§ Buku-buku
analisis aspek pendirian usaha
§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)
|
|
4.2.
Menghitung resiko menjalankan usaha
|
Religius.
Rasa ingin
tahu.
Kreatif.
Kerja
keras.
Disiplin.
Tanggung
jawab.
|
1.
Melakukan analisis aspek
§ keuangan
§ potensi
pasar
§ produk
§ pelanggan
§ pesaing
§ bahan
baku/bahan produksi
2.
Adanya data hasil analisis
|
§ Melakukan analisis data dengan menggunakan pendekatan statistika
seperti peluang, regresi, korelasi
§ Menyusun
strategi yang sistematis untuk menjalankan usaha
|
§ Mengetahui sistem analisis data dengan menggunakan pendekatan statistika
§ Mengumpulkan, mengelompokkan dan mengolah data dengan pendekatan
statistika
§ Menyusun
strategi yang tepat untuk menjalankan usaha
|
§ Tes
tertulis
§ Laporan
hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk
portofolio
|
2 (4)
|
2 (8)
|
§ Profil
organisasi usaha
§ Modul
bahan ajar
§ Objek
nyata/real (tempat usaha/perusahaan,
§ Contoh
format-format pengolahan data dengan kuisioner
§ Buku-buku
analisis aspek pendirian usaha
§ Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)
§ Aplikasi
Microsoft Excel
|
|
4.3.
Menjalankan Usaha Kecil
|
1. Religius.
2. Disiplin.
3. Mandiri.
4. Kerja keras.
5. Jujur
6. Tanggung
jawab.
|
7. Adanya dokumen pendirian usaha
8. Adanya
dokumen adminstrasi usaha
9. Tersediaanya
bahan baku/ bahan produksi
10. Sumber daya
manusia (TK/pengelola)
11. Permodalan
sesuai dengan hasil analisis
12. Tersedianya
alat produksi
13. Produk yang
dihasilkan
|
Menerapkan Fungsi manajemen (Planning,
Organizing, Actuating, Controlling) dalam aspek
1.
Pengelolaan fasilitas dan bahan
2.
Mengelola SDM
3.
Mengelola proses produksi
4.
Mengelola keuangan
5.
Mengelola administrasi
6.
Memasarkan produk
|
§ Mengelola
fasilitas dan bahan
§ Mengelola
sumber daya manusia
§ Mengelola
proses produksi sampai produk yang dihasilkan
§ Mengelola
keuangan
§ Mengelola
administrasi
§ Memasarkan
produk/jasa
|
§ Tes
tertulis
§ Laporan
hasil penugasan dalam bentuk portofolio
§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk
portofolio
|
3 (6)
|
4 (16)
|
§ Modul
bahan ajar
§ Produk
yang dihasilkan
§ Dokumen
pendirian dan perijinan usaha
§ Proposal
usaha
§ Buku-buku
analisis aspek pendirian usaha
§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)
|
|
4.4.
Mengevaluasi hasil usaha
|
- Religius.
- Rasa ingin
tahu.
- Peduli sosial.
- Jujur.
Tanggung jawab..
|
Kinerja usaha
dievaluasi berdasarkan kriteria keberhasil-an usaha
1. Laporan keuangan
2. Penghitungan rasio keuangan :
· Rasio Likuiditas
· Rasio Rentabilitas
· Rasio Solvabilitas
3. Rencana pengembangan usaha sesuai hasil evaluasi
|
1.
Rasio keuangan
2.
Teknik penyusunan laporan
3.
Teknik pengemba-ngan usaha
|
§ Menghitung
rasio keuangan
§ Menyusun
laporan pengelolaan usaha
§ Menyususun
rencana pengembangan usaha
|
§ Tes
tertulis
§ Laporan
hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk
portofolio
|
4 (8)
|
2 (8)
|
§ Modul
bahan ajar
§ Laporan
keuangan kegiatan usaha
§ Proposal
usaha
§ Buku-buku
manajemen keuangan
§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)
|
Keterangan:
TM : Tatap
Muka
PS : Praktik
di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI : Praktek
di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)
Labels:
Tugas Kuliah
Thanks for reading Silabus SMK Kewirausahaan Kelas X Semester 1 dan 2. Please share...!
0 Comment for "Silabus SMK Kewirausahaan Kelas X Semester 1 dan 2"